Saya Indonesia 🇮🇩 

Kemarin ada tugas orang tua dan anak dari sekolah Ozan, untuk semua jenjang sepertinya.
Tentang keberagaman di keluarga, di ekspresikan dalam bentuk apapun di selembar kertas, karena saya engga jago gambar yaaaa saya cerita aja deh.
Begini cerita nya.
Saya lahir dari Ibu yang mempunyai 6 bersodara, sepupu-sepupu saya ada 14 orang dan kami cukup dekat.

Ketika dulu ada iklan salah satu produk di billboard yang isinya orang-orang yang berbeda asal, rambut, warna kulit, kami tertawa ternyata itu yang terjadi pada keluarga besar kami.
Nenek kami berasal dari Jawa dan Betawi.

Kakek kami berasal dari Batak-Aceh

Tapi uyut kami ada yang berasal dari banten dan berdarah cina tulen.

Sodara kami pun masih ada yang keturunan India keling.
Belum lagi orang tua kami yang menikah dengan suku-suku yang lain, dari jawa, sumatera.

Bapak saya sendiri dari madura, yang dicurigai ada sedikiiiit arab nya
Walhasil, kami ber14 berupa-rupa hahaha 🤣

Ada yang berkulit gelap, ada yang putiiiih banget. Ada yang keriting keriwil, ada yang lurus. Ada yang matanya belo, ada yang sipiiit. Ada yang perawakan besar, ada yang mungil.
Kami sering tidak dipercaya bersodara hahhaa😄

Repotnya ketika kami ditanya, Kamu orang mana?? Orang tua kamu orang apa?

Kami suka terdiam sejenak, eeeemmmm cerita engga cerita engga hahaha, akhirnya kami cuma bisa bilang, Saya orang Indonesia!
Ozan melengkapi cerita mama nya dengan gambar sketsa beberapa orang dengan rambut yang berbeda (saya lupa foto euy, nanti aja kl udah di buku kan ☺️)
Saya yakin ini semua takdirNya. Dan pasti beralasan. Tidak ada yang bisa memilih.

Coba telusuri asalmu…saya tidak percaya kalau di Indonesia masih ada yang benar-benar murni hanya orang jawa saja atau orang sumatera saja. Jangan-jangan yang kita tidak sukai sebenarnya adalah bagian dari diri kita sendiri 😊

(Pernah liat video ini? https://youtu.be/tyaEQEmt5ls )

Saya bersyukur dilahirkan dalam keluarga saya sekarang.

Saya bersyukur ditempatkan di sini, sebagai orang Indonesia! 🇮🇩

Advertisements

2 thoughts on “Saya Indonesia 🇮🇩 

  1. Silahkan kan Andy 😊 Bagus banget memang videonya, itu yang saya yakini sekarang, ngga ada orang yang bener2 murni hanya dari 1 turunan

    Kalau saja semua tau, mungkin mereka yang bermusuhan akan berdamai ketika tau ternyata berbagi darah yang sama dari turunan yang sama

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s