Women Will bersama Google 

Hari ini menghadiri acara Women Will yang diselenggarakan oleh Google Indonesia di Hotel Harris Festival Citylink. 

Dimulai terlambat, mungkin karena proses registrasi yang cukup lama. Kabarnya yang hadir diluar ekspektasi, yang tadinya 800orang ternyata ada 1000 lebih yang hadir. Ini berakibat kurangnya kursi dan harus ditambahkan oleh pihak hotel. 

Ada nya kursi kosong karena saya mengambil foto ketika acara sudah hampir berakhir. Ibu-ibu yang hadir sudah berpindah untuk mengantri makan siang di belakang


Secara garis besar acara Women Will ini dibuat google untuk para wanita yang mulai merambah ke dunia bisnis khususnya UKM,  google ingin memperkenalkan/mempopulerkan fasilitas yang ada di google sebagai sarana promosi usaha kita. 

Yang paling ditonjolkan adalah, Google bisnisku, ini salah satu layanan yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha dan Gratis!, contohnya, lokasi usaha menggunakan google maps. 

Pernah liat seperti ini di google 


Jangan kaget kalau usaha kita udah muncul seperti ini padahal kita tidak pernah daftar atau membuatnya, ini dibuat oleh Google, berdasarkan google maps, street view atau ketika ada yang check in/posting (saya aja bingung waktu itu pas toko saya ada di sini + foto2 street view + dalam ruangan). Kalau sudah ada, kita bisa klaim atau kalau belum ada, kita bisa daftar usaha kita di google bisnisku.

Kalau kita daftar /klaim itu sebagai bisnis kita, nanti google akan mengirim nomer verifikasi lewat pos. Apabila sudah terklaim, kita bisa atur perubahan/verifikasi oleh kita sendiri. 

Di Google bisnisku kita juga bisa bikin website, semua gratis! (Tapi saya belum tau domainnya apa, belum coba hehehe) 

Nah agar UKM-UKM ini bisa mengoptimalkan fasilitas ini, google membuat pelatihan namanya Gapura Digital, di bandung tempat pelaksanaannya ada di Eduplex, bisa diliat jadwalnya di Sini
Gratis juga loh 😊

Yang bicara tentang google bisnisku ini mba Fida Heyder sebagai marketing ukm dari google Indonesia, beliau sering mengajarkan orang untuk memggunakan google bisnisku hanya dengan smartphone saja 10 menit sudah jadi dan bisnis kamu langsung terdaftar online!

Pembicara berikutnya ada Nadya Saib co-Founder & co-CEO dari Wangsa Jelita yang sharing tentang perjalanan membangun usaha bersama partner nya mengunakan visi dan misi yang jelas sehingga tujuannya juga jelas. Ini penting untuk mengingatkan kita agar fokus. 

Juga jangan lupa membangun support system dalam usaha, agar jalan nya usaha bisa berjalan tanpa harus kehadiran fisik  kita terus menerus. 

Lalu, temukan kekuatan kita masing-masing, sehingga kita bisa mengoptimalkan apa yang bisa di lakukan

Wangsa Jelita punya misi untuk bekerja sama dengan komunitas dalam melibatkan pembuatan produk nya

Salah satu tips dari Nadya Saib, di era digital ini, semua orang punya opini dan biasanya itu bukan untuk kita tapi lebih untuk diri mereka sendiri, maka dari itu, pilih lah orang-orang yang opini mereka penting untuk kita, kalau kata Brené Brown

“The names of people whose opinions matter to you should fit on a one inch square of paper”

Yang kedua, mimpi besar, selain gratis, bisa juga ini sebagai fondasi visi misi dan tujuan kita dan mulai dari apa yang kita punya. 

Yang ketiga, nikmati prosesnya, akan banyak naik turun dalam berbisnis tapi nikmatilah setiap kejadian, rayakan kemenangan-kemenangan kecil yang kita dapati, selain sebagai bagian dari proses juga sebagai rasa syukur. 

Lalu ada Aprilia Melisa owner dari Papyrus Photo. Cerita tentang up and down memulai bisnis, sudah bikin papyrus masih pacaran, 2006-2008 hampir tutup karena mandek, akhirnya mencoba belajar marketing online, sendiri, juga karena biayanya murah, akhirnya bisa buka cabang di ciwalk, lalu di beberapa kota lainnya, sekarang merambah ke dunia kuliner, Celebrate resto sama Let’s go gelato. 

Tips nya, 

Berjiwa muda biar kita tau kondisi saat ini (Berhubungan dengan target market) 

Pantang menyerah, contohnya: kalau kita harus mengajarkan/mengingatkan lagi …dan lagi..dan lagi orang-orang yang bekerja di usaha kita 

Fearless, coba terus dan terus engga usah takut 

Gigih atau kekeuh dengan yang ingin kita usahakan.

Pembicara terakhir ada Pratiwi Sukmawati dari Komunitas Google Bisnis Group Bandung. 

Bergerak pada usaha software, berpartner dengan teman-teman yang berlatar belakang sama. 

Setelah berjalan 1 tahun, mereka sadar memiliki manajemen yang buruk, tidak ada pengalaman dan tempat curhat tentang menjalankan bisnis + ditinggalkan partner bisnis. 

Akhirnya bertemu dengan komunitas ini. Di Komunitas Google Bisnis Group, bisa sharing tentang penggunaan google maupun bisnis secara keseluruhan, kegiatannya bisa di liat di Sini

Pertemuan komunitas ini dilakukan 2 bulan sekali.

Apapun bisnis yang kita lakukan untuk saat ini tidak bisa lepas dari dunia digital. Masih lebih baik ketinggalan dompet daripada handphone kan? 😅

Google membuka peluang untuk kita lebih berani mengambil langkah online, yang kadang kita enggan lakukan, apakah terkendala biaya atau ketidaksiapan kita (bukan ketidakmampuan loh!).

Biaya mahal? google sudah menyiapkan tools nya gratis!

Masih gaptek? Ada pelatihannya! 

Ada kendala dalam menjalankan bisnis? Bisa curhat di komunitas!

Sekarang hampir tidak ada alasan untuk tidak meng-online-kan bisnis, tingal keinginan kita untuk terus belajar dan maju ke depan 😊

Bagi saya acara ini bagus sekali untuk membuka wawasan dan pengetahuan kita. Meng-update dan me-recharge semangat untuk menjalankan apa yang sudah ada. Apalagi ketika diri lagi lemah lesu kemarin. 

Bertemu dan mendengarkan orang membangun bisnisnya terlebih wanita, membuat diri kembali menyusun puzzle-puzzle mimpi yang tercecer. Keinginan menularkan rasa dan semangat yang sama ke semua support sistem yang sudah ada. Terlebih untuk marketing online. 
Allah kembali menarik saya mengingatkan apa yang bisa saya lakukan. Hayu aaah semangat lagi!

Kita bisa! Kita mampu! 


*Ada video youtube nya untuk google bisnisku di Sini

Atau cari langkah-langkah untuk google bisnisku yang dibuat para user nya. 

Advertisements

3 thoughts on “Women Will bersama Google 

  1. Mba Dyah.. bagus banget tulisannya.. ah sayang, nyesel ga dateng.. acaranya pasti bagus banget.. ngebakar semangat.. 😅💪🏻💪🏻 Baca tulisannya mba jd lumayan semangat dan nambah wawasan makasih mba..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s